oleh

Jelang Idul Adha, Wabup Tapsel : Idul Adha mengingatkan kita Akan pentingnya kesabaran, keikhlasan yang di sertai oleh pengorbanan

Jelang Idul Adha, Wabup Tapsel : Idul Adha mengingatkan kita Akan pentingnya kesabaran, keikhlasan yang di sertai oleh pengorbanan
Fhoto Wabup Tapsel Rasyid Assaf Dongoran

 

TAPSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID|Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Rasyid Assaf Dongoran, M. Si. menyampaikan bahwa Hari Raya Haji atau Idul Adha adalah Hari dimana kaum muslimin punya kesempatan untuk lebih mendekatkan Diri pada Sang Khalik dengan melaksanakan suruhanNya yaitu ber Qurban.

Masih kata Rasyid Assaf, Hari Raya Idul Adha kesempatan untuk mensyukuri Nikmat dan Karunia yang telah didapatkan dan mendapat sarana untuk berbagi di antara sesama Muslim.

“Ber Qurban adalah kesempatan yang baik bagi Kita untuk menguji Ke Imanan”, ungkap Wabup Tapsel menerangkan, jum’at ( 08/07/2022 ).

Dikisahkan Rasyid, Dahulu Nabi Ibrahim diuji Ketaqwaannya dengan mengurbankan anaknya Nabi Ismail. tanpa rasa ragu dan hati ikhlas Nabi Ibrahim pun melaksanakannya.

Baca juga:  Polres Sergai Cepat Tanggap Membantu Muhammad Rifky Penderita Hidrocephalus di Desa Seibuluh

Pada dasarnya Allah SWT tidak akan memberi ujian bagi HambaNya dengan batas kesanggupannya dan ini berlaku pula bagi umat muslim yang mampu secara materi atau rezeki waktu untuk melaksanakannya.

Dalam pelaksanaannya Kita di anjurkan untuk menyembelih hewan Qurban dengan Iman yang Ikhlas dan Taqwa sebagai bukti kecintaan kita kepada Allah SWT.

Ujian paling berat yang dialami Nabi Ibrahim as. Akibat dari kesabaran dan ketabahan Ibrahim, Allah memberinya sebuah Anugerah, sebuah kehormatan “Khalilullah” (kekasih Allah).

Merayakan Idul Adha , bukan dimaksudkan hanya berbagi daging Qurban, tapi memaknai sejarah dan tujuan ber Qurban itu sendiri, bukan larut sebagai serimonial atau raya merayakan semata tapi disitu terkandung makna ketaqwaan, Kesungguhan dan ke Imanan.

Baca juga:  Arti Mimpi Kamu Berhasil Menangkap Hewan Tokek

“Mari kita kembali galakkan mencari Ilmu dan makna kenapa harus ber Qurban Hewan dari aspek Religius/kajian Al Qur’an dan Aspek Sosial, disitu terkandung Hikmah. Janganlah Kita larut dan sibuk dengan Idul Adha dalam konteks Tradisi Seremonial semata, namun renungkanlah arti berQurban dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT”, kata sabun Tapsel itu.

“Semoga Hari Raya Qurban ini memberi Kita Hidayah dan pencerahan agar lebih mendekatkan Diri pada Sang Pencifta”, tutur Wabup Tapsel mengingatkan saat di jumpai awak media.

( mart )

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed