oleh

Inspektorat Paluta Launching Sistem Aplikasi Pengaduan dan Aspirasi

Inspektorat Paluta Launching Sistem Aplikasi Pengaduan dan Aspirasi

PALUTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan terkait pelayanan publik oleh pemerintahan, Inspektorat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan sosialisasi sekaligus launching Sistem aplikasi Pengaduan dan Aspirasi (SAPAi) Inspektorat.

Dalam kegiatan sosialisasi dan launching yang digelar di tiga kecamatan yakni kecamatan Hulu Sihapas, Padang Bolak dan Padang Bolak Julu ini, Inspektorat Paluta menggandeng pihak Kejaksaan Negeri Paluta dan mengundang peserta dari kalangan pemerintahan desa dalam hal ini kepala desa, aparat desa, tokoh masyarakat, LSM, pers serta sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Inspektur Pembantu Irban III pada Inspektorat Paluta Lairar Rusdi Nasution, S.S.T.P., yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa mengingat keterbatasan personil atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Inspektorat Paluta, aplikasi ini dinilai menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengawasi jalannya pemerintahan.

Baca juga:  Babinsa Koramil 06/Dolok Kodim 0212/TS Bertindak Menjadi Pembina Upacara di SMPN 3 Aek Kanan

Kemudian katanya keterbatasan SDM ini dapat dilihat yang berbanding terbalik dengan jumlah obyek pemeriksaan (obrik) berjumlah 692 obrik yg terdiri dari 386 desa, 247 sekolah, 42 OPD, 17 Puskesmas di wilayah kabupaten Paluta.

“Banyaknya obrik yang tidak seimbang dengan SDM kita, menyebabkan kurangnya kualitas pengawasan yg dilakukan oleh inspektorat. Namun sekarang dengan memanfaatkan aplikasi SAPAi inspektorat, baik OPD dan masyarakat maupun LSM dalam memberikan laporan/pengaduan maupun konsultasi dengan inspektorat dan juga bisa memantau sejauh mana proses penanganan aduan bahkan dapat mengatur jadwal pertemuan dengan pemeriksa bagi yang ingin bertatap muka langsung dengan pihak inspektorat,” ujarnya, Minggu (25/8/2109).

“Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan bimbingan teknis terkait aplikasi tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam pengelolaan pelayanan publik.” Lanjutnya.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan obyek pemeriksaan inspektorat diwilayah kabupaten Paluta.

Baca juga:  Ps Kapolsek Medan Helvetia Pimpin Apel Pengamanan Konser Group Band Slank di PRSU

“Melalui aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan pelayanan publik serta mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi dan bila perlu melaporkan jalannya pemerintahan terutama yang menyangkut pelayanan publik kepada kami untuk segera ditangani,” jelasnya.

Lairar juga mengatakan bahwa launching aplikasi yang dilaksanakan dan dipusatkan di tiga kecamatan ini yakni Kecamatan Hulu Sihapas, Padang Bolak dan Padang Bolak Julu diharapkan dapat menjadi percontohan atau pilot project untuk pengembangan program SAPAi Inspektorat ini kedepannya.

Dan dalam jangka kedepannya, pihaknya akan terus mengembangkan program SAPAi Inspektorat ini diseluruh wilayah kabupaten Paluta khususnya sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Dengan aplikasi ini, pemerintah mendapatkan feedback dan masukan dari masyarakat atas layanan yang diberikan,” tutur beliau.

Lairar juga menyebutkan, satu hal yang tak kalah pentingnya adalah komitmen para penyelenggara pemerintahan itu sendiri dalam memberikan pelayanan dengan tujuan mewujudkan layanan yang bersih, transparan sehingga visi misi Pemkab Paluta yakni mewujudkan masyarakat Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat.

Baca juga:  Sekdakot Padangsidimpuan Lepas Pawai Ta'aruf MTQ XIX Tingkat Kota Padangsidimpuan

Ditempat terpisah, salah satu masyarakat Paluta Ramlan Pulungan menyebutkan bahwa program SAPAi Inspektorar ini dinilai merupakan langkah yang cukup positif, dalam meningkatkan kualitas pengawasan jalannya roda pemerintahan khususnya di kabupaten Paluta.

Dikatakannya, dengan adanya program SAPAi Inspektorat ini, masyarakat Paluta dapat mengetahui, bertanya dan bahkan menyampaikan keluhannya atas kebijakan, dan kinerja pemerintahan terutama yang menyangkut pelayanan publik sehingga dapat ditindak lanjuti untuk lebih baik kedepannya.

“Satu langkah yang sangat positif agar nantinya sistem pemerintahan terutama pelayanan publik dapat berjalan sesuai aturan khususnya di Kabupaten Paluta,” pungkasnya. (Arman Harahap)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed