oleh

Ikatan Mahasiswa Batubara Yogyakarta Lantik Pengurus Baru

 

Ikatan Mahasiswa Batubara Yogyakarta Lantik Pengurus Baru

YOGYAKARTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Pelantikan Pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa Batubara (Ikambara) Yogyakarta, yang berlangung di Gedung DPD RI Yogyakarta, Sabtu (16/3/19).

Sebanyak 15 orang pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa Batubara (Ikambara) Yogyakarta dilantik, pelantikan kepengurusan baru masa bakti 2019-2020, yang ada di Yogyakarta itu kental dengan adat ke-Melayuannya, acara yang di buka dengan tepak sirih sebagai tari persembahan, yang ditampilkan bidang kebudayaan Ikambara Yogyakarta dan di lanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an.

Kegiatan pelantikan Ikambara di Yogyakarta itu dihadiri oleh sejumlah pejabat Batu Bara dan para tokoh Batubara yang bekerja diluar daerah, diantaranya Kadispora Batubara Ishak, H. Elfi Harus S.H, M.Hum., Prof. Dr. Muhammad Nur, dan tokoh-tokoh muda yang juga Putra Batu Bara. Turut hadir juga ketua pengurus Asrama Wisma Bukit Barisan Pemprov Sumatera Utara Yogyakarta, Supardi.

Dan beberapa organisasi daerah kabupaten kota se-Provinsi Sumatera Utara yang berada di Yogyakarta, seperti HIMALABURA (Himpunan Mahasiswa Labuhanbatu Utara), IMAPALUTA (Ikatan Mahasiswa Padang Lawas Utara Yogyakarta), IMTB (Ikatan Mahasiswa Tanjung Balai), HIMASA (Himpunan Mahasiswa Asahan), HIMALABUSEL (Himpunan Mahasiswa Labuhanbatu Selatan), IMATAPSEL (Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan), IKPM- Palas (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Padang Lawas), IMSD (Ikatan Mahasiswa Serdang Bedagai) yang ada di Yogyakarta.

Baca juga:  Wali Kota Dukung "Offroad Jelajah Desa Satu Hati"

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Batubara dalam sambutannya, Ishak menyebutkan, pemerintah Batubara saat ini sedang membangun MoU dengan sejumlah perusahaan dibidang CSR. Baik perusahaan Raksasa Inalum maupun perusahaan lainnya yang berada di Batubara.

“Kita berharap, CSR dari sejumlah perusahaan yang ada di Batubara dapat membantu pertumbuhan dibidang pendidikan di Batubara. Bantuan tersebut dapat diberikan melalui beasiswa kepada mahasiswa Batubara yang berprestasi dibidangnya,” Ujar Ishak

Selain itu, Ishak juga menekankan kepada pemuda agar dapat memberikan kontribusi positif untuk perkembangan pembangunan Kabupaten Batubara. Pemuda juga diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dengan Pemda Batubara, agar roda pembangunan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan dan visi misi bapak Bupati Batubara Zahir Oky Iqbal Frima.

“Kita berharap pemuda mempunyai kontribusi yang positif untuk perkembangan Kabupaten Batubara. Saling komunikasi dengan lemerintah dan menjadi agen of control disetiap pembangunan yang ada,” tambah Ishak

Sementara itu, sebagai tokoh Pemuda Batubara Elfi Haris menjelaskan kepada pemuda agar dapat mengambil peluang apa saja yang dapat digali, terlebih lagi pemuda harus dapat terlibat langsung dalam tata kelola sumber daya alam Batubara, sehingga sebagai peran agen perubahan, pemuda dapat menganalisis apa yang menjadi target pemerintah dalam sebuah pembangunan.

Baca juga:  PKD PMII Gelombang Ke-III Secara Resmi Di Buka Mabincab PMII.

“Seorang Mahasiswa itu terletak pada level profesional, ia mampu mendeteksi dan menganalisis dan memposisikan diri pada multi kepentingan untuk pembangunan di Batubara,” terangnya

Ia juga menekankan pemuda agar dapat mengambil peluang apa saja sehingga bisa terlibat langsung dalam tata kelola sumber daya alam Batubara.

“Mengenali diri mau diposisi apa yg sesuai dengan bakat seorang pemuda. Dan terlebih lagi adanya dukungan dari pemerintah daerah,” tegas Elfi Haris

Prof. Dr. Muhammad Nur menjelaskan Pemuda harus segera mempersiapkan diri dari segala kemampuan agar dapat bersaing dikanca Nasional terkhusus di Kabupaten Batu Bara.

“Kuasailah bahasa Asing, bahasa Inggris, German, Mandarin dan lain sebagainya, sehingga ada nilai tawar tersendiri selain skil dan kemampuannya,” tegasnya

Ketua Ikambara Yogyakarta Muhammad Hagi dalam sambutannya mengatakan, Ikatan Mahasiswa Batubara Yogyakarta adalah rumah pemersatu untuk putra/putri Batub Bara yang sedang menimba ilmu di Yogyakarta.

Baca juga:  PB-Iklas Dan Impakar Serahkan Bantuan

Dikatakannya, Ikambara adalah rumah transit ketika datang ke Jogja sebelum perkuliahan dimulai, sehingga orang-orang tua dikampung melepaskan anak-anaknya tidak terlalu khawatir, karena sudah ada wadah perkumpulan Ikatan Mahasiswa Batu Bara Yogyakarta.

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten Batubara dapat memberikan bantuan agar Mahasiswa Batubara Yogyakarta mempunyai tempat tinggal minimal kontrakan, sehingga mahasiswa baru bisa tinggal dirumah tersebut, selama ini ketika ada Mahasiswa Batubara datang ke Jogja masih tinggal di kos-kosan kawan-kawan yang kecil dengan kondisi yang cukup memprihatinkan.

“Kita berharap kepada Pemerintah Batubara dapat membantu mahasiswa asal daerah agar dapat mendorong kelancaran dan kemudahan Mahasiswa dalam menambah ilmu di Yogyakarta”, Ujar Hagi.

Kegiatan pelantikan dirangkai dengan kegiatan dialog publik dengan narasumber kompeten dengan thema “Menggali potensi pemuda dalam mengoptimalisasi sumber daya alam di bumi Melayu, Batubara untuk generasi muda masa depan”.

Kegiatan yang kental dengan ke-Melayuan ini juga diselingi tari-tarian khas Melayu Batu Bara. (Akmal Sagala)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed