oleh

Hoegeng adalah Polisi, Polisi itu adalah Hoegeng

Diterbitkan pada

image_pdfUnduh PDF
Hoegeng adalah Polisi, Polisi itu adalah Hoegeng
Oleh : Anas Harahap

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | POLRI memiliki tanggung jawab langsung di bawah presiden yaitu menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. POLRI terbentuk pada tanggal 1 Juni 1946, dimana kesatuan prajurit tersebut dipimpin oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Berbicara tentang POLRI, maka teringat seorang sosok Jenderal Polisi, yakni Jenderal Polisi (Purn) Hoegeng Imam Santoso, merupakan seorang mantan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) di era pemerintahan Soeharto yang tiba-tiaba pensiun dini saat mengusut kasus-kasus yang dianggap penting dan besar.

Karena dapat Guncang Kestabilan Negara akibat kinerja baiknya, Jenderal Polisi kelahiran Pekalongan 14 Oktober 1921 itu hanya menjabat sebagai Kapolri Selama kurang lebih 3 Tahun (1968-1971) sebab banyak orang yang tidak menginginkan kehadirannya termasuk orang-orang yang mempunyai peran penting di dalam percaturan dunia gelap. Sejarah mencatat sejumlah jenderal polisi pun pernah terlibat kasus korupsi ketika Orde Baru berkuasa.

Baca juga:  Antisipasi Virus Corona, Kodim 1402/Polmas Semprot Disinfektan

Mantan Kapolri yang dikenal sebagai polisi bersih itu, juga pernah menjabat sebagai Kapoldasu dan selama menjabat, Hoegeng pernah membuat mafia-mafia Sumut kepanasan akibat kinerjanya yang selalu menjalankan tugas dengan baik dan profesional sehingga tidak bisa di suap apalagi dipermainkan.

Segudang prestasi Hoegeng yang patut diteladani oleh polisi di Indonesia khusunya Propinsi sumatera Utara.

1. Sifat Jujur dan Tak Kenal Kompromi.

Jauh sebelum menjabat sebagai Kapolri, Jenderal Hoegeng sudah terkenal akan kejujurannya. Saat bertugas di Medan dengan pangkat Kompol Hoegeng mengobrak-abrik bandar judi. Dia membongkar suap menyuap pada para polisi dan jaksa di Medan yang menjadi antek bandar judi.

Hoegeng tak mempan disuap. Barang-barang mewah pemberian bandar judi dilemparnya keluar jendela. Lebih baik hidup melarat daripada menerima suap atau korupsi. Itu prinsip hidup Hoegeng yang ditirunya dari Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Baca juga:  Harapkan Perubahan, Sekdakab Lantik 5 Pejabat Eselon III dan IV

Pada 15 Mei 1968, Presiden Soeharto melantik Hoegeng menjadi Kapolri. Karena takut menerima suap dan gratifikasi, Istrinya yang berjualan bungapun disuruh berhenti, sebab Hoegeng takut profesi istrinya akan dijadikan celah orang-orang yang ingin menyuapnya.

Hoegeng sempat heran saat mendengar seorang perwira polisi bisa membeli rumah mewah dan bermobil mewah dan bergaya perlente ala pengusaha, sementara sang Kapolri Hoegeng bahkan tak punya mobil pribadi. Sehari-hari hanya mengandalkan mobil dinas untuk memantau kondisi Jakarta bersama ajudannya.

Hoegeng juga tak kenal kompromi mengusut berbagai kasus kejahatan. Dia tidak peduli siapa beking orang itu. Jika bersalah, harus ditindak. Hoegeng Imam Santosa pernah dirayu seorang wanita pengusaha cantik keturunan Makasar-Tionghoa yang terlibat kasus penyelundupan.

Baca juga:  PB IKLAS Sumbang Dua Set Gendang Rebana di Pesta Rakyat

Wanita itu meminta Hoegeng agar kasus yang dihadapinya tak dilanjutkan ke pengadilan. Wanita itu terus berusaha mengajak damai Hoegeng namun sang jenderal tidak perduli. Berbagai hadiah mewah dikirim ke alamat Hoegeng namun Hoegeng menolak mentah-mentah, dan Hadiah pun langsung dikembalikan oleh Hoegeng. Meski banyak koleganya yang terperangkap oleh bujuk rayu dan kemewahan yang diberikan oleh sang pengusaha cantik tersebut namun Hoegeng tidak.

Hoegeng berpendapat seorang polisi adalah pelayan masyarakat. Dari mulai pangkat terendah sampai tertinggi, tugasnya adalah mengayomi masyarakat.

Komentar Sahabat Pamarta

Hoegeng adalah Polisi, Polisi itu adalah Hoegeng
Hoegeng adalah Polisi, Polisi itu adalah Hoegeng
Hoegeng adalah Polisi, Polisi itu adalah Hoegeng
Hoegeng adalah Polisi, Polisi itu adalah Hoegeng
Hoegeng adalah Polisi, Polisi itu adalah Hoegeng
image_pdfUnduh PDF

Komentar

komentar

News Feed