oleh

Hasil Pleno Terbuka KPU, Eramas Ungguli Djoss di Paluta

Paluta, PAMARTANUSANTARA.co.id| Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sudah selesai. Sedangkan untuk rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara untuk Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Paluta masih berlangsung.

Demikian disampaikan oleh ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP kepada awak media, Kamis (5/7/2018).

Dikatakannya, kotak suara dan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk Pilgubsu tersebut akan diserahkan ke pihak KPU Provinsi Sumut.

“Rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara untuk Pilgubsu sudah selesai, sedangkan untuk rekapitulasi suara Pilbup Paluta masih berlangsung dan kita targetkan selesai hari ini,” ujarnya.

Baca juga:  Dijadikan Lokasi Kampanye Pemilu oleh KPU Asahan, Perayaan Pameran Asahan Expo Ditunda

Katanya, proses rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pilgubsu di Kabupaten Paluta sudah berlangsung selama dua hari sejak Rabu hingga Kamis (4-5/7) dengan pengawalan ketat pihak keamanan yakni personil kepolisian dan TNI AD berjalan lancar dan aman.

Dijelaskannya, dari hasil rekapitulasi tersebut diketahui pasangan Cagubsu nomor 1 Edi Rahmayadi-Musa Rajheksah (Eramas) berhasil unggul di Paluta dengan perolehan suara 86.713 suara dan pasangan Cagubsu nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) meraih suara sebanyak 23.343 suara dari total suara sah sebanyak 110.056 dan untuk suara tidak sah sebanyak 3.391 suara.

“Rapat pleno terbuka yang berlangsung selama 2 hari berjalan lancar dan dari hasil pleno tersebut, pasangan Cagubsu nomor urut 1 berhasil mengungguli pasangan cagubsu nomor urut 2 untuk wilayah kabupaten Paluta,” jelasnya.

Baca juga:  Pengambilalihan Saham Freeport Dinilai H. Gus Irawan Pasaribu : Pateal Tealhon Doi

Terpisah, Ketua Panwaslih Paluta Marakali Siregar mengatakan, rekapitulasi perhitungan yang dilakukan KPU Paluta merupakan hasil Pilgub yang dilaksanakan pada 27 Juni kemarin khususnya di Kabupaten Paluta.

Tambahnya, semua tim maupun saksi dari kedua pasangan cagubsu sudah menerima hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Paluta dengan menanda tangani laporan hasil rekapitulasi tersebut.

Kapolres Tapsel, AKBP M Iqbal melalui Kapolsek Padang Bolak AKP H.Kasmir Sitanggang,S.H mengatakan, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Paluta berjalan dengan aman dan lancar.

Katanya, Puluhan personil ditugaskan untuk melakukan pengamanan selama perhitungan rekapitulasi suara. Sedangkan untuk proses pengiriman hasil rekapitulasi pihaknya menugaskan sejumlah personil untuk melakukan pengawalan hingga sampai ke tujuan.

Baca juga:  BPD Desa Bagan Bilah Bentuk Panitia Pilkades Serentak Tahun 2022

“Untuk personel sudah kita siapkan yang dilengkapi dengan senjata api (Senpi) mengamankan dan mengawal proses pengiriman kotak surat suara ke KPU Provinsi,” pungkasnya. (GNP)

 

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed