oleh

Hal-Hal yang Dapat Terjadi Akibat Gangguan Susah Tidur atau Insomnia

PAMARTANUSANATRA.CO.ID | Insomnia merupakan penyakit dimana seseorang akan mengalami kesulitan untuk tidur dan atau bangun. Untuk kamu yang mungkin saja mengalami insomnia, otot untuk berhati-hati karena berikut hal-hal bisa saja terjadi akibat gangguan susah tidur atau insomnia.

Insomnia mengganggu kesehatan

Pada sebuah studi yang dilakukan di Amerika serikat menunjukkan bahwa 90% orang yang mengidap insomnia akan lebih mudah untuk terkena beberapa jenis penyakit kronis seperti stroke tekanan darah tinggi diabetes serta penyakit jantung lainnya.

Berat badan dapat meningkat atau menurut drastis

Kamu tante membutuhkan energi setelah ah kamu tidur dan tubuh mendapatkan energi dari makanan. Untuk itu otak mengontrol salah satu hormon ghrelin dan leptin yang biasanya membuat kamu lapar atau kenyang sehingga kamu akan merasa lapar. Pada kasus penurunan berat badan drastis seseorang akan mengalami masalah pencernaan.

Baca juga:  HUT ke-20 Tobasa di Habinsaran, Ini Pesan Edy Rahmayadi ke Darwin Siagian

Emosional yang tidak stabil

Seorang pakar insomnia yakni profesor Throne mengatakan jika kekurangan tidur akan mempengaruhi kemampuan otak dalam berpikir secara rasional. Orang yang mengidap penyakit insomnia bakal lebih sensitif terhadap perasaan orang serta gangguan yang terjadi.

Itu akan membuat seseorang yang mengalami insomnia akan lebih mudah marah emosi dan sedih tanpa adanya suatu alasan yang jelas. Itu lantaran kurangnya tidur yang mampu mempengaruhi bagian otot yang terkait emosi yang biasa disebut amygdala.

Menimbulkan masalah kulit

Salah satu cara untuk memperbaiki sel yakni dengan tidur. Ketika kamu tidak tidur kamu tidak akan mengaktifkan fungsi tubuh tersebut. Itu akan berakibat pada banyaknya masalah pada kulit kamu misalnya saja jerawat atau bisa berupa penuaan dini.

Baca juga:  Warga Antusias Menyaksikan menyaksikan MTQ dan FSQ Tingkat Kabupaten Labuhanbatu

Paranoia dan gangguan kejiwaan

Pertanyaan-pertanyaan juga sering muncul ketika kamu hendak tidur dan dapat menyebabkan kamu mengalami paranoia. Sebuah studi mengatakan bahwa fokus dan konsentrasi tubuh bakal menurun yang mengakibatkan cara berpikir akan berantakan.

Dan itulah beberapa hal yang dapat terjadi di akibat dari gangguan susah tidur atau insomnia.[pn076]

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed