oleh

HAGAF Gunting Saga, Wisata Tahunan di Sungai Kualuh

Labura, Pamarta Nusantara-HAGAF (Hari Gembira Aidil Fitri) yang ke-59, ribuan warga memenuhi alur Sungai Kualuh di Kelurahan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Warga yang datang ke wisata air sungai Kualuh ini bukan hanya dari warga lokal bahkan dari luar kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara juga turut datang untuk mengunjungi dan menikmati panorama keindahan wisata sungai Kualuh dengan menaiki perahu sampan boat. Panitia pelaksana juga mengadakan berbagai perlombaan untuk menghibur para pengunjung, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Selain menikmati keindahan panorama pesona wisata air Sungai Kualuh dengan menaiki perahu sampan boat, pengunjung juga disuguhkan berbagai perlombaan, permainan anak-anak, penjual dari aneka kuliner makanan, dan music live keyboard dengan artis lokal maupun luar daerah. Maka tak heran, jika antusias masyarakat dari berbagai kecamatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, ikut memadati lokasi tempat rekreasi kebanggaan bagi warga Gunting Saga tersebut.

Baca juga:  Peningkatan Investasi Industri Elektronika Perkuat Struktur Manufaktur

Perayaan Hagaf setiap tahunnya selama Idul Fitri diadakan selama sepekan lebaran. Hagaf menjadi pusat rekreasi tersendiri bagi masyarakat Labura Sekitarnya.

Perayaan Hagaf tepatnya di Sungai Kualuh Gunting Saga atau Jembatan Jalinsum Gunting Saga. Pengunjung dapat mengikuti serangkaian kegiatan dan berbagai lomba yang dipersiapkan panitia lokal, selain itu pengunjung juga dapat bermain air di sungai kualuh atau juga berjalan-jalan mengelilingi Sungai Kualuh menaiki sampan dan boat yang telah disediakan panitia, dengan menyusuri tepian pantai sungai kualuh dengan menaiki perahu sampan boat yang disediakan oleh panitia, hanya dengan merogoh kocek Rp5000 per orang untuk membeli karcis, para pengunjung ini sudah bisa berkeliling ke hulu dan hilir sungai dengan menaiki perahu sampan boat bersama keluarga mereka.

Wisata menyusuri tepian air Sungai Kualuh hingga ke tepi pantai tanah merah dan pasir putih ini digelar setiap tahunnya dan dilaksanakan pada sepekan lebaran, tradisi wisata ini sudah merupakan budaya masyarakat kualuh yang bermukim di sepanjang bantaran sungai kualuh, tradisi warisan budaya leluhur wisata air sungai kualuh ini sudah berlangsung selama 59 tahun berturut-turut dan sudah menjadi objek wisata tahunan masyarakat Kualuh, sebab, Panitia Penyelenggara mengadakan berbagai hiburan rakyat bagi para pengunjung.

Baca juga:  Bupati Labuhanbatu Selatan Ajak Masyarakat Maknai Harkitnas

Kegiatan ini dikelola oleh Pemerintah Daerah (pemda) dan Panitia dengan memanfaatkan jasa masyarakat setempat yang bermukim di bantaran sungai untuk menyediakan berbagai sarana transportasi air sehingga dapat membantu perekonomian warga.

Pantauan Pamarta Nusantara Rabu (20/6/2018), tampak keramaian di sekitar Sungai Kualuh Gunting Saga di Lokasi Hagaf ke-59. warga antusias mengikuti serangkaian kegiatan lomba serta hiburan.

Putra Sandi (29) salah satunya, warga Desa Londut, Kecamatan Kualuh Hulu yang datang ke Hagaf Gunting Saga beserta keluarganya.
“Tiap tahun saya kesini kebetulan sama istri dan anak, seru disini main air membawa keluarga, lagian juga dekat dari rumah,” ujarnya.

Putra juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini harus terus dilestarikan agar terus menerus ada dan hingga kini sudah berjalan ke 59.
Panitia Hagaf ke-59 Gunting Saga Yenli Zulkat Tanjung, menuturkan, bahwa kegiatan Hagaf merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh warga Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan dalam memeriahkan hari raya Idul Fitri 1439 H.
Diyakini, ditahun-tahun mendatang, kata Zulkat, kemeriahan Hagaf akan terus berkembang dengan segala motivasi dan kreatifitas terus dilestarikan oleh para panitia meskipun usia Hagaf sudah puluhan tahun lamanya telah terlaksana.

Baca juga:  Polrestabes dan Dinas Pariwisata Kota Bandung Sosialisasikan Penutupan Kepada Pemilik Hiburan

“Iya sejak saya kecil, acara Hagaf ini sudah ada, jadi tuk keamanan panitia juga melibatkan tim rescue BPBD Labura kalau ada hal negatif, mudah-mudahan acara ini, sukses hingga berakhir,” ujarnya. (Akmal Sagala)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed