oleh

Dirjen Prasarana Dan Sarana Kementan RI Bersama Bupati Paluta Kunker Ke Desa Batang Pane Satu

Dirjen Prasarana Dan Sarana Kementan RI Bersama Bupati Paluta Kunker Ke Desa Batang Pane Satu
Dirjen Prasarana Dan Sarana Kementan RI Bersama Bupati Paluta Kunker Ke Desa Batang Pane Satu

PALUTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID| Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) Ir Ali Jamil Harahap kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Batang Pane 1, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, Sabtu (27/7/2022).

Tampak turut mendampingi Ir Ali Jamil Harahap, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir Lies Handayani Siregar dan beberapa pimpinan OPD Pemprov Sumatera Utara, Kepala Balai Besar P2TP Medan Sigit Wahyudi, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan dan sejumlah pejabat Pemprov Sumatera Utara lainnya.

Setibanya dilokasi, Ir Ali Jamil Harahap bersama rombongan langsung disambut Bupati Paluta Andar Amin Harahap dan Sekda Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Anggota DPRD Paluta Mula Rotua Siregar serta didampingi Kepala Dinas Pertanian Paluta Mahran Hasibuan SP dan sejumlah pimpinan OPD/SKPD Kabupaten Paluta.

Selain itu, juga untuk menyerahkan piagam penghargaan penyuluh pertanian teladan dan piagam penghargaan kelembagaan pertanian terbaik Desa Batang Pane 1 serta panen perdana di kebun kelapa sawit rakyat hasil peremajaan di Desa Batang Pane 1.

Baca juga:  Usai Berjamaah Sholat Magrib Bupati Sukabumi Dihadang Ema-Ema

Ir Ali Jamil Harahap dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kedatangannya ke Kabupaten Paluta untuk mewakili Menteri Pertanian RI menyerahkan bantuan dari Presiden RI Jokowidodo kepada kelompok kelompok tani.

“Pada momen ini saya juga sekaligus bisa melepas rindu kekampung halaman Paluta, kampung saya di Desa Padang Bujur Kecamatan Padangbolak Julu. Saya lihat bapak bupati kita ini masih muda dan masih energik. Saya yakin dibawah ke pemimpinan pak bupati, daerah kita ini akan bisa menjadi lebih baik,”pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Ir Ali Jamil Harahap juga berpesan, agar kelompok tani yang mendapat bantuan khususnya, Alsintan agar mempergunakannya dan merawatnya dengan baik.

“Nanti apa yang diperlukan lagi pak bupati untuk keperluan kelompok tani kita silahkan diajukan lagi. Nanti ada tim saya akan tinggal disini beberapa hari kedepan untuk memantau perealisasian bantuan ini dan juga memantau apa kebutuhan lainnya lagi yang di butuhkan petani di daerah kita ini,”kata Ir Ali Jamil Harahap.

Baca juga:  Aparat Gabungan Tertibkan Peredaran Miras Dan Prostitusi di Polman

Ali Jamil juga berharap, agar petani di Paluta bergabung dengan kelompok kelompok tani di desa masing-masing atau membentuk sebuah kelompok tani.

“Karena yang bisa mendapat bantuan itu hanya atas nama kelompok tani, pemerintah tidak bisa menyerahkan atau memberikan bantuan kepada petani perseorangan,”pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Paluta Andar Amin Harahap dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan kehadiran Dirjen Ir Ali Jamil Harahap di Paluta untuk menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok kelompok tani.

“Saya berharap agar kelompok kelompok tani bisa memanfaatkan bantuan ini dan juga menjaganya dengan baik. Serta kepada bapak Dirjen beserta rombongan, saya sampaikan apresiasi setinggi tingginya dan berharap agar terus mendukung petani di Paluta melalui berbagai program yang ada di Kementerian Pertanian,”pungkas Bupati Andar.

Baca juga:  Hadiri Pengajian Akbar Kecamatan Pulau Rakyat, Bupati Asahan Santuni Kaum  Dhuafa dan Anak Yatim 

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Paluta Mahran Hasibuan SP saat ditemui usai acara mengatakan, dana bantuan sebesar Rp. 845.200.000 tersebut diserahkan kepada Kelompok Tani berbentuk barang, yang kegunaannya untuk sarana pertanian dan pembangunan prasarana pertanian.

“Yakni, berupa pengadaan beberapa alat mesin pertanian (Alsintan) termasuk traktor, dana untuk rehabilitasi 3 unit jaringan irigasi tersier dan dana untuk pembangunan 3 unit jalan usaha tani serta 1 unit pengolahan pupuk organik,”kata Mahran.

Pantauan, turut hadir dalam kegiatan, Karang Taruna Paluta, Apkasindo Paluta, KTNA Kabupaten Paluta, pengurus Kelompok Kelompok Tani, Kepala desa, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

 

(Zpn).

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed