oleh

Dinkes Labuhanbatu Advokasi Olahraga dan Kesehatan Kerja

Labuhanbatu, pamartanusantara.co.id-Dinas Kesehatan Labuhanbatu menggelar acara advokasi olahraga dan kesehatan kerja, dalam rangka mensosialisasikan kebijakan lingkungan sehat, Selasa (24/4/2018) di Hotel Permata Land, Rantauprapat.

Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Tinur Bulan mengatakan kesehatan kerja merupakan suatu upaya perlindungan dan pemeliharaan kesehatan fisik, mental dan sosial tenaga kerja di semua pekerjaan, serta pencegahan gangguan kesehatan tenaga kerja.

Selain itu kesehatan olah raga juga merupakan suatu upaya kesehatan yang memanfaatkan olahraga atau latihan fisik untuk meningkatkan derajat kesehatan menuju masyarakat sehat bugar produktif.

“Kebugaran jasmani yang baik akan mempengaruhi kinerja dan prestasi seseorang, karena orang yang sehat tidak mudah sakit, kalaupun sakit tidak separah orang yang tidak bugar,” ucap Tinur Bulan

Baca juga:  Dandim 0209/Lb Terima Audiensi Karang Taruna Labuhanbatu

Dengan paradikma sehat dalam pembangunan kesehatan, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan pendekatan keluarga sehat serta penguatan upaya kesehatan kerja dan olahraga maka diharapkan berbagai permasalahan dapat di atasi dan bisa mendapatkan pekerja yang sehat, bugar, dan profuktif. Khususnya anak sekolah dan perempuan dengan derajat kesehatan yang tinggi dan berkualitas serta jamaah haji yang bugar dapat tercapai.

Di Labuhanbatu data cakupan jumlah pos UKK yang terbentuk di wilayah puskesmas sebanyak 13 pos UKK. Puskesmas yang melaksanakan kesar bagi anak SD sebesar 268 orang, jumlah haji yang di periksa kebugaran nya adalah sebesar 5 orang. Hal itu tentu menjadi pekerjaan yang berat bagi Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, untuk mewujudkan program tersebut, maka diperlukan nya sinergritas Dinas Kesehatan dengan seluruh OPD terkait.

Baca juga:  Inilah Hasil Reses H. T Milwan di Sirandorung

“Saya berharap kiranya seluruh OPD memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kesehatan kerja dan olahraga yang bertujuan untuk mempertahankan kesehatan sesuai Undang undang RI No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Pasal 80-81 tentang kesehatan olahraga yang merupakan dasar hukum dalam melindungi penyelenggaraan kesehatan olahraga. Yang titik beratnya pada penyerasian promosi, pencegahan dan peningkatan kebugaran jasmani,” ujar Tinur Bulan.

Acara sosialisasi dan advokasi kesehatan olahraga dan kerja, dihadiri oleh Kepala Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Provsu Rusdi Pineir, Perwakilan Dispora Muhammad Gani Siregar, Kepala Puskesmas se-Labuhanbatu serta Perwakilan dari Kantor Bimbingan Haji Labuhanbatu. (302)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed