oleh

Dinas Lingkungan Hidup Menghimbau Pihak Perusahaan Perkebunan Mengontrol Kondisi Tanah

Kotapinang,PamartaNusantara-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, menghimbau pihak perusahaan perkebunan untuk mengontrol tanah dalam penggunaan pupuk kimia dan dampak alami tanaman kelapa sawit.

Kepala Bidang Pembinaan dan Penindakan, DLH Labuhanbatu Selatan, Ferry Aman Siagian menyampaikan kepada wartawan, Senin (15/1), di Jalan H.M Yamin Kotapinang, bahwa sejak Agustus tahun lalu pihak Dinas Lingkungan Hidup sudah mensosialisasikan kepada perusahaan perkebunan, khususnya kelapa sawit untuk memantau mikro biologi tanah. Dengan memperhatikan kondisi mikro biologi tanah dapat mencegah terjadinya kerusakan akibat penggunaan pupuk kimia, pestisida dan perkembangan secara alamiah.

“Sosialisasi dilakukan karena permasalahan itu telah diatur dalam PP No 150 tahun 2000 tentang Pengendalian Kerusakan Tanah untuk Produksi Biomasa,” kata Ferry Aman Siagian.

Baca juga:  Bersepeda Pagi Hari di Toba, Kapolda : Ini Untuk Kesehatan Bukan Untuk Juara

Lanjutnya, pihaknya akan lebih intens memantau tingkat pencemaran tanah dan lingkungan secara periodik. Dan meminta perusahaan perkebunan kelapa sawit harus melakukan upaya pelestarian lingkungan, sehinggga pencemaran tanah dapat diantisipasi.

“Kita terus mendorong agar pihak perkebunan memperhatikan kerusakan tanah, seberapa besar kerusakan pada fisik, kimia dan pola tanah,” kata Ferry lagi.

M. Romadon Nasution Anggota DPRD Labusel, mendorong pemerintah daerah untuk mulai mengantisipasi kerusakan tanah yang terjadi akibat tanaman kelapa sawit dan penggunaan pupuk kimia.

“Jika tidak segera diantisipasi, maka akan terjadi kerusakan lingkungan yang sangat parah,” ujar Romadon Nasution.

Dia menambahkan, bahwa di Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini, memiliki lebih kurang 75 persen wilayahnya adalah merupakan perkebunan kelapa sawit. Maka dari itu, Pemkab Labusel harus mengantisipasi kerusakan lingkungan yang kemungkinan akan terjadi agar sebanding pengelolaannya. (Red)

Komentar Sahabat Pamarta

Dinas Lingkungan Hidup Menghimbau Pihak Perusahaan Perkebunan Mengontrol Kondisi Tanah
image_pdfUnduh PDFimage_printCetak

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed