oleh

Dinas Kesehatan Labuhanbatu Revitalisasi Kader Posyandu di Wilayah Puskesmas TA 2018

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Memperoleh jaminan kesehatan adalah hak semua masyarakat, namun hal itu harus di imbangi oleh kemauan dan kesadaran masyarakat itu sendiri, meskipun jaminan itu di berikan namun jika kemauan serta kesadaran tidak terbangun dari dalam diri kita semua akan terkesan sia sia.

Mengawal dan membina guna mengetuk kesadaran dan menambah ilmu serta pengalaman masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, dinas kesehatan labuhanbatu menggelar revitalisasi bagi kader posyandu di wilayah puskesmas Kabupaten Labuhanbatu tahun 2018 di aula kantor Camat Bilah Hulu, Senin (1/10/2018).

Camat Bilah Hulu, Hamdy Erazona Siregar, ST,MM melalui Sekcam nya, Karminah, S.Sos berharap kiranya permasalahan posyandu dapat terselesaikan dan diatasi.

Baca juga:  Sutrisno Pangaribuan Minta Polda Sumut Selediki Kematian Suheri

“Kesehatan sangatlah penting, terlebih bagi anak dan balita, namun kendala sekarang ini, banyak orang tua yang enggan membawa anak nya ke posyandu, dan anak anak takut untuk hadir di posyandu,” kata Karminah.

Melalui pertemuan ini, saya berharap kepada ibu kadis kesehatan kiranya dapat memberikan solusi bagaimana caranya agar orang tua dan Anak Balita mau dan tidak takut lagi untuk hadir ke posyandu. Ujar karminah.

Sementara itu, didampingi Kasi Kesga dan gizi Friska Simanjuntak, Kapus Lingga Tiga, dan Camat Bilah Hulu, Kadis Kesehatan Labuhanbatu Tinur Bulan SKM.M.Kes. menyampaikan materi berupa program pentingnya Imunisasi.

Imunisasi sangat penting bagi anak anak usia Nol hingga sebelas bulan, karena imunisasi dapat mencegah penyakit bagi diri sendiri dan penularan penyakit terhadap sekitarnya.

Baca juga:  Plt Bupati Serahkan SK CPNS Formasi Pegawai PTT Kemenkes TA 2019

“Ibu semua adalah kader posyandu, dari itu adalah tugas para kader bagaimana caranya agar masyarakat mau meringankan langkah untuk mengantar anaknya ke posyandu, dan menciptakan suasana agar anak anak tidak takut untuk di imunisasi,” ucap Tinur Bulan.

Imunisasi merupakan upaya yang diwajibkan pemerintah kepada seseorang sebagai bagian dari masyarakat dalam rangka melindungi yang bersangkutan dan masyarakat sekitarnya dari penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi (PD3i).

“Pelayanan imunisasi di berikan pada sasaran yabg sehat, untuk itu sebelum pemberian imunisasi diperlukan Skrining untuk menilai kondisi sasaran,” ujar Tinur Bulan.

Di tambahkanya, kesehatan itu memang mahal, tapi lebih mahal jika kita mengobati nya, dari itu untuk menghindari datangnya penyakit ataupun firus bibit penyakit itu datang kita harus mencegahnya dengan memberikan pembekalan awal pada balita kita.

Baca juga:  Ayo Ikuti Olahraga Anjuran Rasulullah, SOKAZ Labuhanbatu Adakan Turnamen Panahan

“Ayo, bawa anak dan balita kita ke posyandu setiap bulanya dengan mengikuti program imunisasi, agar anak kita sehat dan terjauh dari macam macam penyakit,” tutur Tinur Bulan.

Sebagai pembekalan kepada 60 orang kader Posyandu dari 7 desa yang ada di Kecamatan Bilah Hulu Dinas Kesehatan Labuhanbatu memberikan soal Pretest sebagai penambahan wawasan serta ilmu pengetahuan bagi kader posyandu wilayah Puskesmas Lingga Tiga. (Riski Pratama)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed