oleh

Diduga Kades Batang Baruhar Julu di Paluta Tutupi Pengeluaran Dana Desa

PALUTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Desa Batang Baruhar Julu Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) diduga kepala desa-nya menutup nutupi Alokasi Dana Desa dari pantauan warga setempat dan masyarakat umum. Pasalnya, sampai saat ini, Kamis (18/10) belum juga memampangkan papan informasi didepan Kantor Desa Batang Baruhar Julu, padahal desa lainnya di Kecamatan Padang Bolak sudah terpampang papan informasi sudah cukup lama.

Dan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) telah mendorong kepada seluruh pemerintah dari pusat hingga desa untuk melakukan keterbukaan informasi kepada publik.

“Seharusnya pihak Desa Batang Baruhar Julu memasang baliho atau papan informasi ditempat terbuka seperti di depan kantor desa. Semua yang lihat akan senang dan tidak ada lagi rasa curiga,” kata Hamjah.

Baca juga:  Dikabarkan Lasprio Warga Hutaraja Paluta Menghilang di Sungai

Menurut Hamjah, penyelewengan terjadi karena lemah regulasi, pengawasan dan sumber daya manusia yang mengelola dana desa. Dan beliau meminta kepada pendamping desa agar lebih berperan aktif dalam pengawasan, karena pengelolaan dana desa ini banyak yang tidak sesuai sehingga dapat menghambat pembangunan.

“Transparansi alokasi dana desa itu wajib, agar semua masyarakat dapat berperan aktip untuk pemanfaatan dana desa itu masyarakat. Jika yang terjadi seperti di Desa Batang Baruhur Julu ini membuat kita jadi curiga penggunaan anggaran desa tersebut,” tambahnya.

Terkait hal ini Mulia Harahap Kepala Desa Batang Baruhar Julu tidak berhasil ditemui untuk dimintai keterangannya. (Tim)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed