oleh

Diduga Ada Barang Tidak Dibelanjakan, RAB Pembangunan PAUD di Desa Kampung Perlabian T.A 2018 Dipertanyakan

Diduga Ada Barang Tidak Dibelanjakan, RAB Pembangunan PAUD di Desa Kampung Perlabian T.A 2018 Dipertanyakan

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Pembangunan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Dusun Gunung Manahan, Desa Kampung Perlabian, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Tahun Anggaran 2018 diduga tidak sesuai dengan RAB nya.

Pasalnya, berdasarkan RAB (Rencana Anggaran Biaya) ADD (Anggaran Dana Desa) Kampung Perlabian untuk pengerjaan pembangunan tersebut, ditemukan broti 2×2 inci dengan harga Rp 95.000,- per batang-nya. Tercatat di RAB nya sebanyak 232 batang broti.

Namun, menurut panglong setempat harga broti tersebut terlalu mahal harga nya, “Mahal kali harga nya itu bang, broti ukuran 2×2 di pasaran sampai ke tempat paling harganya Rp 40 ribu. Berarti ada selisih harga Rp 55 ribu,” kata panglong setempat, Jumat (21/6/2019).

Begitu juga dengan harga gypsum board di bangunan tersebut, di RAB nya 1 lembar gypsum board Rp 85.000,- sedangkan harga pasaran di Kabupaten Labuhanbatu Selatan Rp 56.000,-.

Baca juga:  Tafsir Mimpi Berkencan Dengan Guru

Masih berdasarkan RAB Desa Kampung Perlabian, tepung gypsum yang digunakan untuk bangunan PAUD itu sebanyak 25 kg x Rp 20.000,-. Menurut tukang bangunan setempat, dia mengatakan untuk bangunan tersebut paling banyak digunakan 5 kg. “Paling habis lima kilo,” kata tukang setempat. Dan menurut panglong, harga tepung gypsum itu Rp 5.000,- per kilo nya.

Tertera di RAB nya juga, ada pembelian triplek sebanyak 40 lembar x Rp 157.000, totalnya Rp 6.280.000. Padahal, terpantau tidak ditemukan pencoran langit-langit atau plafon. Yang ditemukan hanya pencoran tiang.

Lebih parahnya, di RAB juga ada pembelian puring rangka plafon sebanyak 209 batang dengan harga Rp 15.000,- perbatangnya, tertotal untuk puring rangka plafon itu Rp 3.135.000,-. Namun, di bangunan itu tidak ditemukan. Juga baut/scrub ring 9 kotak dengan harga perkotaknya Rp 120.000,-. Inipun tidak ditemukan di bangunan PAUD tersebut.

Diperkirakan ukuran bangunan tersebut, 6 meter x 13 meter. Dimana tercatat di RAB nya, upah tukang bangunan PAUD tersebut, memakan biaya Rp 109.860.000,-. Sementara, menurut tukang setempat, upah tukang bangunan tersebut itu terlalu mahal, “Udah mahal kali upah tukangnya, klo bangunan hanya sebesar itu,” katanya.

Baca juga:  Dalang Pembakar Mobil Brimob di Slipi Diburu Polisi

Masih menurut tukang, “Klo kita lihat RAB nya dengan hasil bangunannya, menurut ku mahal kli. Gawat kali Pemerintah Desa ini menggunakan dana desa itu,” pungkasnya.

Adapun total biaya pembangunan tersebut, tercatat di RAB nya Rp 358.998.000,-.

Saat hendak dikonfirmasi Zulpan selaku TPK PAUD tersebut, awak media ini tidak berhasil menemuinya. Padahal sebelumnya, ia telah berjanji akan menerangkan terkait permasalahan pengerjaan pembangunan PAUD di Desa Kampung Perlabian itu pada hari ini, Senin (24/6).

Ahmad Sekretaris Desa Kampung Perlabian, melalui via telephon, dia mengatakan tidak mengetahui secara rincinya pengerjaan pembangunan PAUD itu, “Saya hanya sebatas verifikasi. Jika ada barang yang dibeli atau tidak, saya tidak tau karena yang tau itu TPK nya,” katanya.

Baca juga:  Bupati Labuhanbatu Selatan Buka FGD Sinkronisasi Program CSR

Dia menambahkan bahwa PAUD tersebut, belum diperiksa oleh inspektorat Labusel, “Itu belum diperiksa inspektorat, kalau ada istilah (red : temuan) baru lah saya akui kalau memang itu salah. Lagipula itukan sebatas rencana, kalau harga gak cocok bisa diturunkan. Umpamanya, kelebihan bisa saja di SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan) kan,” katanya.

Namun, Sekdes Kampung Perlabian tidak menyebutkan barang apa saja yang di SILPA kan dalam pengerjaan PAUD tersebut, dan bukti berita acara maupun pertanggungjawaban laporannya bahwa benar bahwa sebagian barang-barang yang tertulis di RAB Pembangunan PAUD itu yang di SILPA kan.

Sementara Kepala Desa Kampung Perlabian tidak dapat ditemui dan tidak dapat dimintai penjelasannya saat awak media ini menginformasikan melalui via telephon. (Tim)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed