oleh

Di duga PTPN-III Batang Toru PHK Karyawan Secara Sepihak

Di duga PTPN-III Batang Toru PHK Karyawan Secara Sepihak
Juara Sipahutar Karyawan PTPN III Batang Toru yang terdampak PHK

Tapanuli Selatan, PAMARTANUSANTARA.CO.ID| Juara Septoni Sipahutar (37 tahun) karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN) Kebun Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, kecewa atas surat penetapan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan tidak hormat terhadap dirinya oleh perusahaan tempat dirinya bekerja.

Karyawan dengan jabatan pemeliharaan Afdeling II Kebun Batang Toru tersebut merasa tidak pernah melakukan kesalahan apapun dan tiba-tiba mendapat surat PHK di tandatangani langsung oleh Manager Asfian Nasution, SP.

“Surat saya terima melalui pesan WhatsApp, dan saya baca isinya adalah PHK, serta melampirkan Surat Peringatan (SP) 1,2 dan 3 yang saya tidak pernah terima sebelumya”, ungkap Juara Sipahutar, saat ditanya via telepon, Jumat (23/09/2022).

Baca juga:  Terpilih Sebagai Ketua DPC FSPTI - KSPSI, Pulle Akan Sejahterakan Pekerja

Juara Sipahutar juga menuturkan bahwa dirinya bekerja di Perusahaan tersebut kurang lebih sudah 8 tahun dan selalu bekerja sesuai aturan yang berlaku.

Atas kejadian yang menimpa dirinya, Juaro menduga bahwa Manajer PTPN-III Kebun Batang Toru, Aspian Nasution, SP telah melakukan perbuatan penyalah gunakan jabatan dengan menandatangi surat PHK secara sepihak terhadap dirinya.

Perlindungan hukum mengenai PHK secara sepihak, telah diatur dalam Pasal 153 Undang-Undang Cipta Kerja, dimana dalam pemutusan hubungan kerja, pengusaha memiliki larangan untuk melakukan PHK

PHK secara sepihak sangat tidak diperbolehkan, kecuali keadaan tertentu yang memaksa untuk PHK itu dilakukan, sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Baca juga:  Hormati Ibumu Keberkahan Bagimu

Terkait hal itu, sampai berita ini terbit belum satupun pihak perusahaan PTPN III Kebun Batang Toru yang bisa dimintai keterangan oleh media ini.

Juaro Sipahutar meminta kepada pihak PTPN III Kebun Batang Toru agar memberikan hak-haknya sebagai karyawan.

Kepada Menteri BUMN RI Erick Tohir yang menaungi Perusahaan tersebut, agar mengevaluasi kinerja Manager PTPN III Kebun Batang Toru Aspian Nasution, SP.

(Red)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed