oleh

Dapatkan Berkahnya Bulan Ramadhan

Diterbitkan pada

image_pdfUnduh PDF
Dapatkan Berkahnya Bulan Ramadhan
Masjid Al Musthafa, Kelurahan Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Tidak terasa waktu beberapa hari lagi kita akan mendapati bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, artinya mendatangkan kebaikan yang banyak. Kebaikan yang diperoleh umat Islam di bulan Ramadhan. Tapi, apakah kita bisa mendapatkan berkahnya?

Dalam hadits lainnya disebutkan,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.

Amalan-amalan apa saja agar kita mendapatkan berkahnya Ramadhan, yaitu :

1. Puasa Ramadhan Dengan Kesungguhan.

Tidak ada yang bisa menilai kualitas ibadah seseorang dan pahala yang didapatkan, kecuali Allah SWT sendiri. Termasuk juga dalam hal ibadah puasa di bulan Ramadhan, Allah telah menjanjikan pahala yang besar dan berlipat di bulan ini, bagi kaum muslimin yang sungguh-sungguh berpuasa.

Puasa dengan sungguh-sungguh tentu kita tidak ingin hanya mendapatkan rasa lapar dan haus saja bukan? Oleh karena itu, sebaiknya kita memperhatikan bagaimana ibadah puasa yang baik seperti yang diajarkan oleh Rasulullah. Selain itu, kita juga menghindari perbuatan-perbuatan buruk yang justru akan merusak ibadah.

2. Memperbanyak Ibadah

Tak hanya ibadah wajib seperti puasa, shalat dan zakat yang harus kita lakukan, tapi juga sunah-sunah Rasulullah. Ada banyak sekali ibadah sunah yang bisa kita kerjakan, salah satunya yang hanya bisa dikerjakan di bulan Ramadhan adalah shalat Tarawih.

3. Perbanyak Berdoa

Bulan ramadan adalah bulan penuh berkah bagi semua umat muslim di dunia ini. Ibadah-ibadah dan perbuatan mulia di bulan ini diganjar dengan pahala yang berlipat ganda, lalu apakah Anda masih mau menyia-nyiakan waktu istimewa di bulan ini? Kita belum tentu bisa merasakan bulan ramadan tahun depan, karena tidak ada yang tau kapan seorang manusia akan meninggal.

4. Menuntut Ilmu dan Berdakwah

Setiap aktifitas baik yang kita lakukan di bulan ramadan akan diganjar dengan pahala yang berlimpah, bahkan tidur pun juga bisa disebut ibadah. Alangkah lebih baiknya jika momen bulan ramadan dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu pengetahuan, lebih-lebih jika bisa menyampaikannya kepada orang.

5. Mencari Lailatul Qadar

Allah SWT masih menambahkan kemuliaan di bulan Ramadhan yaitu adanya lailatul qadar di salah satu malam di bulan tersebut. Keistimewaan yang didapatkan oleh orang yang beramal shaleh pada malam lailatul qadar akan mendapatkan pahala amal yang sebanding dengan amal yang dilakukan selama seribu bulan.

Mudah-mudahan kita semua bisa melaksanakannya. Aamiin.

Oleh : Arni Wahyu Ningsih, S.Pd.

Komentar Sahabat Pamarta

Dapatkan Berkahnya Bulan Ramadhan
Dapatkan Berkahnya Bulan Ramadhan
Dapatkan Berkahnya Bulan Ramadhan
Dapatkan Berkahnya Bulan Ramadhan
Dapatkan Berkahnya Bulan Ramadhan
Dapatkan Berkahnya Bulan Ramadhan
image_pdfUnduh PDF

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Avatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed