oleh

Bupati Labuhanbatu : RPMJD Tahun 2016-2021 Telah Adopsi SDGs Indikator Pembangunan

Labuhanbatu, pamartanusantara.co.id-SDGs atau Sustainable Development Goals adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2016 di seluruh dunia.

SDGs adalah lanjutan dari MDGs (Millenium Development Goals) yang berakhir tahun 2015, SDGs belajar dari MDGs yang terlambat dalam pelaksanaannya dan akibatnya tidak semua tujuan MDGs dapat tercapai sehingga SDGs diperkenalkan lebih dini agar agenda selama 15 tahun kedepan dapat tercapai.

Teks pidato Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si yang dibacakan Kepala Bappeda Labuhanbatu Drs. H Ridwan Rambey, M.Si, Selasa (8/5/2018) pada acara Sosialisasi SDGs Kabupaten Labuhanbatu, bertempat di Ruang Rapat Bappeda tersebut.

Lebih lanjut disebutkannya, pada dasarnya MDGs dan SDGs punya persamaan dan kesamaan tujuan, SDGs melanjutkan cita-cita mulia MDGs yang ingin konsen menanggulangi kelaparan dan kemiskinan di dunia.

Baca juga:  Selama Ramadhan Siswa SD Labuhanbatu Selatan Diberi Khusus Pelajaran Agama

Menurutnya, target utamanya mengentaskan kemiskinan, tapi, Indonesia akan menggunakan tiga indikator terkait dengan dokumen SDGs, yaitu pembangunan manusia atau human development yang meliputi pendidikan, kesehatan dan lingkungan dalam skala kecil atau sosial economic development. Dan lingkungan yang besar atau environmental development berupa ketersediaan kualitas lingkungan dan sumber daya alam yang baik.

Disisi lain Bupati dalam pidato tertulisnya juga menjelaskan, jika kita mengaitkan dengan RPJMD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016-2021 secara umum juga telah mengadopsi tujuan, target dan indikator SDGs, tentunya perlu sinergitas yang berkesinambungan agar poin-poin kedua dokumen ini dapat dicapai.

Pada RPJMD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016-2021 telah secara eksplisit sudah termaktub pemberantasan kemiskinan, ketahanan pangan, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan penduduk, pendidikan dan kesempatan belajar, kesetaraan gender, hingga penataan lingkungan hidup.

Baca juga:  Diduga Ketua SAMJ Lakukan Pengrusakan Warga Adukan ke Polres Dumai

Kegiatan yang dihadiri peserta dari seluruh pejabat yang membidangi penyusunan program se-Kabupaten Labuhanbatu menghadirkan narasumber atau pembicara dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara Ir. Munir Tanjung, MM. (Hend302)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed