oleh

BSPS Komunitas Simaninggir Dinilai Bermasalah, Kejaksaan Diminta Periksa Kadis Perukim

BSPS Komunitas Simaninggir Dinilai Bermasalah, Kejaksaan Diminta Periksa Kadis Perukim
BSPS Komunitas Simaninggir Dinilai Bermasalah, Kejaksaan Diminta Periksa Kadis Perukim

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Komunitas di Dusun Simaninggir, Desa Sosopan, kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, dinilai bermasalah.

Pasalnya, program bantuan rumah yang semestinya rampungkan di bulan Februari namun kini belum selesai juga pengerjaanya.

“Harusnya selesai bulan Februari ini.” Kata Bastanta, Kabid Perumahan saat ditanya kapan semestinya selesai, Senin (17/03/2020).

Bantuan BSPS Komunitas tahun 2019 itu berasal dari Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dengan jumlah 64 unit, Rp.35 juta per unit dengan ukuran 6X6 plaster dalam dan bagian depan saja. Masalah muncul dilapangan, bahwa ada potongan dari oknum tertentu dan uang DP 5 Juta.

Tio Clandra Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Labuhanbatu Selatan saat dikonfirmasi terkait kebenaran informasi tersebut melalui WhatsApp, di sarankan agar menemui Bastanta sebagai Kabid perumahan. “Hubungi kabidnya saja Pak.” Ujar Tio.

Saat dikonfirmasi langsung diruangannya, Bastanta Kabid Perumahan menyampaikan bahwa ada sekitar 23 lagi yang belum selesai. Menurutnya itu terjadi akibat kurangnya bahan dan upah tukang (pekerja). Mengenai informasi potongan, Bantanta menjelaskan tentang perjalan dana.

“Jumlah uang 35 Juta, 5 juta di pegang si penerima dan 30 juta lagi untuk bahan.” Jelasnya.

Mengenai DP 5 juta “Mungkin uang pondasi itu.” Ujar Bastanta.

Terkait hal ini, Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI), R. Saputra Sinaga Wakil Ketua Kabupaten Labuhanbatu Selatan angkat bicara, dirinya meminta agar kejaksaan Negeri Kabupaten Labuhanbatu Selatan memanggil dan memeriksa Kadis Perukim Labusel agar tidak menimbulkan polemik di tengah-tengah masyarakat.

“Tidak ada orang yang mau mengakui kesalahannya, panggil dan periksa kadisnya, baru kita mengetahui bersalah atau tidak.” Kata Putra Sinaga. (Anas Harahap)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed