oleh

BKPRMI Kecewa Atas Kinerja Kesbangpol dan Pol PP Terkait Kaburnya 26 PSK

Labuhanbatu, Pamarta Nusantara-Dalam rangka bulan suci Ramadhan 1439 H/2018 M, menindaklanjuti amanah Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Labuhanbatu didampingi anggota Polres, Kodim, PM, Sabtu (2/6) sekira pukul 12:00 WIB, mengelar razia di sejumlah tempat hiburan malam di kafe dan karaoke yang berada di kawasan Kota Rantauprapat, guna terciptanya situasi yang kondusif dan memberikan rasa nyaman umat muslim untuk beribadah.

Dari hasil razia yang dilaksanakan tim gabungan Satpol PP, TNI, Polri, petugas berhasil menjaring sebanyak 26 orang. Diantaranya 10 pria hidung belang dan 16 wanita yang berprofesi sebagai PSK yang tengah berada di dalam tempat hiburan tersebut.

Dari ke 26 pelaku penyakit masyarakat tersebut di amankan dari 3 lokasi penggerebekan yaitu Kafe Atik yang terletak di Jln. Baru. Juga pakter tuak, dan FM karaoke.

Selanjutnya petugas menggelandang pelaku ke kantor Kesbangpol Labuhanbatu akan di dilakukan pendataan dan pembinaan.

Namun tidak di sangka sekira Pukul 04:00 WIB, 26 pelaku PSK dan hidung belang ini melarikan diri dari penjagaan anggota Satpol PP dan oknum TNI yang di sinyalir ada kejanggalan di dalamnya.

Baca juga:  Polrestabes dan Dinas Pariwisata Kota Bandung Sosialisasikan Penutupan Kepada Pemilik Hiburan

Karena saat di konfirmasi awak media kedua belah pihak memberikan pengakuan yang berbeda.

Safril salah seorang anggota satpol PP yang menjaga para PSK dalam keterangannya membenarkan semua tahanan kabur.

“Ya benar semua tahanan kita kabur bang, dan ini saya rasa karena minimnya personil yang menjaga,” katanya.

Ketika ditanya kronologis kabur nya para psk safril menuturkan”Gini bang, tadi malam kita enam orang berjaga dan satu orang ada dari TNI, berhubung masuk waktu sahur aparat TNI pamit dan keluar melalui tembok pagar, dari situlah awal para PSK ini kabur, dan Anggota TNI inilah pemicu kejadian ini,” katanya lagi.

Di sisi lain oknum TNI tersebut ketika dihubungi melalui selulernya oleh seorang oknum provos kodim berinisial SM.

Baca juga:  Andar Harahap Laporkan Harta Kekayaannya

“Saya sudah peringatkan kepada Pol PP yang berjaga kenapa kok di biarkan tersangka kabur, namun para Pol PP hanya diam saja,” ujarnya.

Dilokasi yang sama kepada wartawan kordinator lapangan dari ormas BKPRMI labuhanbatu menyayangkan peristiwa ini.

“Terus terang saya kecewa atas kinerja Kesbangpol dan Pol PP satu malam kita ikuti sweping dan mendapatkan hasil eh kok lepas begitu aja,” ucapnya dengan nada kesal.

Korlap pun mengatakan “Ini ada yang gak beres bang, tahanan gitu banyaknya, di dalam ruangan kok bisa kabur, kenapa gak di gembok pintu nya, atau sengaja di buka,”ujarnya.

Beliau berharap kepada Bupati Labuhanbatu agar menindak tegas oknumnya yang bermain didalammnya.

“Kami juga meminta bapak Bupati untuk memberi sanksi disiplin oleh pihak Kesbangpol dan pol PP, karena akibat kelalaian mereka kami khususnya umat muslim merasa di rugikan, kami hanya ingin mereka menghargai bulan ramadhan yang suci ini,” pungkasnya.

Sementara Kasatpol PP, Haris Nasution melalui sekjen Satpol PP, Bibit mengatakan, pihaknya mengakui bahwa petugas hanya 6 orang harus  menjaga 26 PSK yang terjaring, ini jelas tidak sebanding.

Baca juga:  Tak Kunjung Selesai, Debu Perbaikan Jalan Racuni Warga Kotapinang

“Namun begitu kami sudah berbuat maksimal mungkin, bertepatan dibulan suci Ramadhan, selain melakukan razia pihaknya juga sekalian mensosialisasikan larangan untuk  ber operasional terhadap sejumlah tempat hiburan di Kabupaten Labuhanbatu,” ujarnya, kepada sejumlah wartawan, usai melaksanakan rapat pertemuan dengan pihak Kesbangpol, Kodim, dan Sekjen Satpol PP untuk membahas  terkait kaburnya 26 PSK.

Bibit menjelaskan, kepada anggota yang melaksanakan tugas penjagaan terhadap 26 PSK yang berhasil melarikan diri, nanti akan kita  berikan sanksi disiplin kepada petugas kami, untuk saat ini kita belum bisa memberikan saksi itu, itu wewenangnya Pimpinan. Namun demikian mereka akan kita panggil untuk sementara menghadap kepada saya, dan terkait maslah ini kita  coba akan kordinasi ke pihak Dinas Sosial,” ujarnya. (302)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed