oleh

Berkah dan Mulianya Hari Jum’at

Berkah dan Mulianya Hari Jumat
Berkah dan Mulianya Hari Jum’at

PAMARTANUSANTARA.CO.ID| Hari Jum’at merupakan hari yang paling mulia dan utama dibanding dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, didalamnya terdapat penuh keberakahan.

Kata Jumat diambil dari kata ijtima’ yang bermakna berkumpul. Karena di hari jumat, kaum muslimin berkumpul dan beribadah shalat secara berjamaah yakni sholat Jum’at.

Dalam sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam muslim dari Abu Hurairah, beliau bersabda bahwa sebaik-baik matahari terbit adalah pada hari Jumat. Yaitu hari dimana Nabi Adam diciptakan, hari dimana kita dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari neraka.

Hari jum’at juga merupakan hari raya dan istimewa bagi kaum muslimin, maka bagi muslim, sejatinya hendaklah merayakan dan istimewakan hari jumat tersebut sesuai anjuran agama dan hadits Rasulullah Saw.

Diriwayatkan Ibnu Majah dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad bersabda :

“Sesungguhnya hari ini (Jumat) merupakan hari raya, Allah menjadikannya (pada hari Jumat) istimewa bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang akan mendatangi shalat jum’at maka hendaklah dia mandi”.

Baca juga:  Terkait Kejuaraan Offroad 2020, Jeep Asahan Club Lakukan Audensi Dengan Bupati Asahan

Berikut hal-hal yang harus dilakukan untuk memuliakan Hari Jum’at sesuai hadits Rasulullah Saw.

1. Banyak Membaca Shalawat.

“Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jum’at, sesungguhnya tidak seorang pun yang membaca shalawat kepadaku pada hari Jum’at kecuali diperlihatkan kepadaku shalawatnya itu”, ( Hadits Riwayat Al-Hakim)

2. Mandi dan Pakai Wangi-Wangian.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai yang ditentukan baginya dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan endengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya”,(Hadits Bukhori Muslim).

Baca juga:  Pengerjaan Drainase di Desa Sidotani I Menyalahi Aturan

Dalam Hadits lain juga dijelaskan bahwa Rasululloh bersabda yang artinya, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR. Bukhori dan Muslim).

“Barangsiapa mandi di hari Jum’at seperti mandi janabah, kemudian datang di waktu yang pertama, ia seperti berkurban seekor unta. Barangsiapa yang datang di waktu yang kedua, maka ia seperti berkurban seekor sapi. Barangsiapa yang datang di waktu yang ketiga, ia seperti berkurban seekor kambing gibas. Barangsiapa yang datang di waktu yang keempat, ia seperti berkurban seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang di waktu yang kelima, maka ia seperti berkurban sebutir telur. Apabila imam telah keluar (dan memulai khutbah), malaikat hadir dan ikut mendengarkan dzikir (khutbah).” (HR. Bukhari Muslim).

Banyak lagi kemuliaan-kemuliaan hari jum’at yang di jelaskan Rasulullah dalam haditsnya. Sebagai seorang muslim sungguh sangat rugi ketika hal ini tidak diraih dengan baik, sebab meraihnya akan memperoleh kebaikan tersendiri bagi peraihnya.

Baca juga:  Pemko Padangsidimpuan Gelar Entry Meeting

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman, yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

Dan apabila mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera menuju kepadanya dan mereka tinggalkan engkau (Muhammad) sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah, “Apa yang ada di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perdagangan dan Allah pemberi rezeki yang terbaik”.

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed