oleh

Awas, Beberapa Hal Kecil Dapat Membuat Makruh Puasa

Masjid Baitur Rohman di Desa Simatahari Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Memasuki bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat muslim di dunia. Hal yang paling identik dengan bulan suci Ramadan adalah ibadah puasa.

Dalam menjalankan ibadah puasa, setiap manusia perlu memahami aturan dalam menjalankan ibadah puasa. Tak jarang ada hal yang sering dianggap biasa ketika tak beribadah, namun menjadi makruh atau bahkan membatalkan puasa.

Kamu akan merasakan hikmah puasa wajib yang datang satu tahun sekali ini. Yuk ingat-ingat lagi hal yang membuat makruh puasa.

Kamu tahu gak hal kecil apa yang dapat memakruhkan ibadah puasa? Berikut hal kecil yang dapat memakruhkan ibadah puasa!

1. Berlebihan dalam berkumur

Hal yang satu ini pasti sering dilakukan oleh anak-anak atau juga beberapa orang dewasa yang sudah tak tahan ingin berbuka. Meski terdengar sepele, namun berkumur yang berlebihan ketika ibadah puasa dapat memakruhkan puasa, lho.

Baca juga:  Muswil KAMMI Sumut ke-5, Walikota Padangsidimpuan : Semua Ada Prosesnya, Takkan Hina Seseorang Itu Jika Allah Tidak Menghinakannya, Takkan Mulia Seorang Itu Jika Allah Tak Memuliakannya

Rasulullah SAW bersabda : Bersungguh-sungguhlah dalam berkumur dan dalam menghirup air ke hidung, kecuali jika engkau sedang berpuasa.

2. Mencium bebauan yang sangat menyengat

Mencium aroma buah durian, makanan, atau hal lainnya yang memiliki bau yang tajam merupakan hal yang dimakruhkan bagi orang yang menjalankan ibadah puasa.

Mencium aroma yang sangat menyengat biasanya akan sampai ke tenggorokan manusia yang menciumnya. Hal tersebut membuat banyak orang harus waspada dalam menghirup aroma yang terlalu menyengat apalagi yang dapat membuat kita menikmati ketika menghirup aroma tersebut.

3. Tidur yang sangat berlebihan

Banyak orang meyakini bahwa tidur ketika puasa merupakan ibadah, dan karena itu banyak orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan tidur saat melaksanakan ibadah puasa. Namun, tidur yang menjadi ibadah itu bukan berarti semua tidur yang dilakukan ketika puasa merupakan ibadah. Melainkan daripada kita melakukan hal buruk maka lebih baik tidur. Dan jangan melupakan ibadah lain seperti salat atau kewajiban duniawi lainnya seperti sekolah atau bekerja.

Baca juga:  Arti Mimpi Kamu Diperlakukan Seperti Ratu

4. Berendam atau berenang

Berendam atau berenang ketika melakukan ibadah puasa dapat memakruhkan puasa lho. Hal tersebut terjadi karena air kemungkinan saja dapat masuk kedalam tubuh seseorang lewat lubang tubuh tak hanya mulut atau hidung.

Jika kamu benar-benar merasa panas di siang hari ketika puasa, sebaiknya jangan berendam ya! Sebab bisa saja puasa kamu menjadi batal jika ada air yang masuk ke dalam tubuh tanpa kamu sadari. Maka dari itu, lebih baik mandi seperti biasa dan juga jangan boros air, karena itu juga salah satu perbuatan yang tak baik.

5. Membicarakan orang lain (Ghibah)

Nah, hal yang satu ini pasti sering banget dilakuin oleh tukang gosip nih. Meski menyenangkan mendengarkan atau membicarakan orang lain, tapi hal itu benar-benar tidak baik untuk dilakukan.

Baca juga:  Akhirnya, APBD 2018 Labusel Disahkan

Tindakan ini merupakan tindakan yang sia-sia dan sangat merugikan. Selain merugikan orang lain yang sedang dibicarakan, ghibah juga merugikan bagi orang yang melakukannya. Sebab banyak waktu terbuang hanya untuk membicarakan orang lain, dan lagi pula hal itu belum tentu benar.

Semoga kita terhindar dari hal diatas y saudara/i, agar kita mendapat pahala, bukan hanya menahan lapar dan haus. Aamiin.

Semoga bermanfaat!

0leh : Arni Wahyu Ningsih, S.Pd.

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed