oleh

Apel Gelar Pasukan Polres Tapsel Kerahkan 396 Personil Amankan Natal dan Tahun Baru


TAPSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Polres Tapanuli Selatan Apel Gelar Pasukan, sebanyak 396 personil dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan hari besar keagamaan yakni Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) serta meliputi Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapsel, Paluta dan Palas, Provinsi Sumatera Utara.

“Kita kerahkan sekitar 396 personil dilibatkan dalam Pengamanan (PAM) Natal dan pergantian tahun,” tutur Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH dalam penjelasannya kepada wartawan usai apel gelar pasukan operasi kepolisian Lilin Toba 2018 di wilayah hukum Polres Tapsel, bertempat di halaman Mapolres Tapsel, Jumat (21/12), jalan SM Raja Kota Padangsidimpuan.

Kegiatan Apel gelar pasukan dipimpin langsung Inspektur Upacara Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH, dengan Perwira Upacara Kasat Lantas AKP Muri Yasnal dan Komandan Apel Ipda Mujiono, dihadiri  Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu diwakili oleh Asisten I Hamdan Zen, SH, mewakili Bupati Paluta, mewakili Bupati Palas, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Novrizal Yusananto, SIP,  Kadishub, Kakan Satpol PP dan Kakan Kesbang dari tiga Kabupaten Tapsel, Paluta dan Palas, Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto, SH, Kapolsek serta para pejabat utama di Jajaran Polres Tapsel. Sedangkan peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Pramuka, Damkar, PU, BPBD, dll.

Baca juga:  Yakin Menang, Pasangan ASLI Mendaftar ke KPU

Kapolres, melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan dan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personil, mulai dari persiapan sarana kenderaan patroli dan kondisi personil yang akan melaksanakan PAM Lilin Toba 2018. Didampingi Waka Polres Kompol Jumanto, SH, Kabag Ops Kompol Suyono, Kasat Lantas AKP Muri Yasnal, SH, Kasat Binmas Iptu Erman tanjung dan Kasubbag Humas Iptu Alpian Sitepu.

Kapolres menyampaikan, Ops Lilin Toba 2018 ini, PolresTapsel mendirikan lima Pos Pengamanan (Pos PAM) di wilayah hukum Polres Tapsel, masing-masing, tiga pos di Kabupaten Tapsel yakni Pos I berada di Aek Latong Kecamatan Sipirok, Pos II di kawasan rekreasi Aek Parsariran Kecamatan Batangtoru, dan Pos III di kawasan rekreasi Aek Sijorni Kecamatan Sayurmatinggi.

Baca juga:  Maling Kecamatan Silangkitang Yang Resahkan Warga Berhasil Diamankan

Juga satu pos di Kabupaten Paluta yakni Pos IV di Kecamatan Halongonan dan satu pos lagi di Kabupaten palas yakni Pos V di Kecamatan Huta Raja Tinggi, di tambah satu pos pelayanan di Pal XI Kabupaten Tapsel dan pos kesehatan di Kabupaten Paluta.

“Rencananya Tiap pos diisi personil Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Satpol PP, BPBD dan Pramuka. Total personil dari semua institusi yang terlibat dalam operasi ini sebanyak 396 personil,” bebernya.

AKBP Irwa Zaini Adib S.I.K, M.H. menjelaskan, operasi berlangsung selama 12 hari, mulai tanggal 21 Desember 2018, hingga 1 Januari 2019 dan harapannya, partisipasi masyarakat untuk turut terlibat di Pos PAM serta mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada selama mudik dan menghindari jalan yang rawan kemacetan serta longsor.

Baca juga:  HUT ke-29, Musa Rajekshah Harapkan Kehadirannya Semakin Dirasakan Masyarakat

Terkait antisipasi terhadap kejahatan di jalanan seperti begal dan perampokan kapolres menegaskan, pihaknya telah mengantisipasi hal itu dengan rangkaian-rangkaian kegiatan sebelumnya dan operasi ini juga kita tingkatkan, termasuk pengamanan rumah-rumah ibadah, agar teman-teman kita yang nasrani dapat menjalankan ibadah dengan nyaman.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK. MH mengatakan, perayaan Natal dan perayaan pergantian tahun yang bersamaan dengan libur sekolah merupakan saat yang sangat dinantikan oleh masyarakat diseluruh penjuru negeri, dengan penuh kebahagian dan suka cita yang diharapkan agar dapat terselenggara dengan nyaman aman lancar dan menjadi tugas kita bersama.

Operasi Lilin toba 2018 akan dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum serta melibatkan personil TNI instansi terkait serta komponen masyarakat. Oleh sebab itu ada beberapa penekanan yang harus dilaksanakan seluruh personil yang bertugas. (Martin)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed