oleh

Anjuran Disnaker Labusel Tidak Digubris Pihak PT KMSA Mampang

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | 29 Maret 2017 tahun lalu, Dinas Tenaga Kerja Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengeluarkan anjuran kepada pihak PT KMSA (Kuala Minyak Sawit Abadi) Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS), agar perusahaan mempensiunkan pekerjanya atas nama Datuk Muda Amran Siregar yang sudah berusia 58 tahun, namun sampai saat ini, Senin 24 September 2018 pihak perusahaan belum juga mem PHK kannya.

Surat Nomor 565/128/Naker II/2017, sehubungan dengan penyelesaian perselihan hubungan industrial melalui mediasi tidak tercapai kesepakatan maka sesuai ketentuan pasal 13 ayat (2) Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 mediator mengeluarkan anjuran.

Kata Amran, dia sudah bekerja di PT KMSA yang berada di Desa Mampang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labusel selama 21 tahun dengan jabatan terakhir dibagian pengelolaan kernel inti dan menerima upah Rp 2.252.000,-.

Baca juga:  Alkowar Jenguk Anggota Yang Sedang Sakit.

Dan pada 10 Januari 2017, Beliau telah mengajukan surat permohonan agar di PHK kepada manajemen PT KMSA karena memasuki pensiun.

“Saya tidak kuat seperti dulu lagi, walaupun perusahaan masih ingin memperkerjakan saya,” keluh Amran.

Sementara keterangan dari kutipan surat itu tertuang bahwa pihak pengusaha PT KMSA dapat menerimanya akan tetapi untuk kompensasi atas pemutusan hubungan kerja tersebut, bersedia memberi 1 kali ketentuan sesuai pasal 156 UU No 13 Tahun 2003.

“Saya tidak maulah pak, sesuai anjuran Disnaker pasal 167 UU No. 13 Tahun 2003,” pinta Amran.

Pihak manajemen PT KMSA PMKS Mampang dengan PUK SP.PPP SPSI PMKS Mampang dianjurkan untuk berunding dan membahas perjanjian kerja bersama (PKB) guna terjaminnya hak dan kewajiban masing-masing pihak sehingga terlaksananya hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan.

Baca juga:  Bupati Labusel Ajak Semua Pihak Tolak Politik Uang

“Sudah 1 tahun 5 bulan lebih saya menunggu, namun perusahaan belum memberikan pemutusan dan memberikan hak-hak saya,” ungkapnya.

Ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp, Manajer PT KMSA PMKS Mampang Ahay tidak memberikan keterangannya. (Tim)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed