oleh

Aneh, Dana Desa Aek Batu Cair Tanpa Ada Tanda Tangan BPD

Aneh, Dana Desa Aek Batu Cair Tanpa Ada Tanda Tangan BPD
Aneh, Dana Desa Aek Batu Cair Tanpa Ada Tanda Tangan BPD

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Dana Desa Aek Batu sudah cair 20 persen tahap pertama tahun 2019 bulan Mei kemarin. Membuat Ketua BPD setempat heran karena tidak pernah menandatangani dan menyepakati Anggaran Pendapatan Dana Belanja Desa (APBDes) Aek Batu T.A 2019 itu.

“Aneh mengapa dana desa Aek Batu bisa dicairkan tanpa ada tanda tangan saya,” ujar Nanang Purboyo Ketua BPD Aek Batu, Selasa (12/6).

Ia menduga oknum Pemerintah Desa Aek Batu telah memalsukan tanda tangannya agar dana desa tersebut dapat dicairkan, “Kan gak Logika kalau dana desa bisa cair tanpa ada tanda tangan Ketua BPD,” ujarnya.

Penyebab Ketua BPD tidak mau menandatanganinya APBDes Aek Batu tersebut. Karena menurutnya, Pemerintah Desa Aek Batu tidak pernah mengadakan musyawarah tentang RKP, “Yang pastinya pemerintah desa tidak pernah mengadakan kegiatan musyawarah tentang RKP Desa dan RAB dari tahun 2018 sampai tahun 2019 ini. Jika adapun itu hanya musyawarah fiktif,” ujarnya.

Baca juga:  Warga Desa Rasau Keberatan Dipungut Biaya Untuk Kebersihan Parit

Selain itu, Nanang Purboyo juga menemukan adanya dugaan dana desa di Aek Batu menyalahi aturan. “Misalnya pengerasan jalan, sewa alat berat dipakai satu hari. 1 jam disini, 1 jam ditempat yang lainnya tapi setiap titik memiliki biaya sewa alat berat dengan harga sewa satu hari,” katanya.

Ketua BPD Aek Batu berharap soal adanya dugaan rekayasa tanda tangannya dapat diungkap secara hukum. Ini pelanggaran.

Saat dikonfirmasi, Selasa (11/6), Supriandi Kepala Desa Aek Batu, dia tidak bisa menjawabnya. Akhirnya ia memanggil TPK nya untuk menjelaskan terkait cairnya dana desa tanpa tanda tangan dari Ketua BPD.

TPK mengatakan tidak tau mengapa dana desa bisa cair tanpa ada tanda tangan Ketua BPD, “Saya tidak berhak menjawabnya karena tidak wewenang saya, karena keuangan yang mencairkannya. Yang jelasnya dana desa cair memang yang diajukan tanpa adanya tanda tangan Ketua BPD,” katanya.

Baca juga:  Kepala Desa Batu Tunggal Ingkar Janji Terkait Transparansi Data Penerima Bantuan

Sementara, Siti Nurjannah Kabid Kabid. PPM (Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat) Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara. Rabu (12/6) dia mengatakan tidak bisa dicairkan dana desa tanpa adanya tanda tangan dan persetujuan dari Ketua BPD setempat, “Itu tidak dibenarkan, karena sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa,” terangnya.

Saat disinggung bahwa dana desa Aek Batu bisa dicairkan tanpa ada tanda tangan atau persetujuan dari Ketua BPD setempat, Kabid Pemdes PMD Labusel ini menjawab tidak tau terkait hal tersebut, karena sekarang ini semua di verifikasi oleh pihak Kecamatan masing-masing.

“Disini cuma peraturan-peraturan saja. Sekarang semua sudah dilimpahkan wewenangnya di Kecamatan. Memang rekomnya (rekomendasi-nya) ada juga disini namun terlebih dahulu di Kecamatan,” katanya.

Baca juga:  Polres Sergai Laksanakan Program Police Go To School

Menurutnya, lebih baik awak media ini langsung mempertanyakan ke Kecamatan. Apabila camat tidak dapat ditemui bisa dijumpai Kepala Seksi Pemdes-nya, karena semua berkas rekomendasi ada disana.

Namun, Susi Kepala Seksi Pemdes Camat Torgamba tidak tau bahwa APBDes Aek Batu T.A 2019 itu ada tanda tangan atau tidak, dari Ketua BPD, “Saya tidak terlalu melihatnya, apakah ada tanda tangan atau tidak. Saya tidak memeriksanya, tau baru semalam karena saya hanya lihat anggaran belanja-nya saja,” katanya.

Disebabkan adanya dugaan pemalsuan tanda tangan Ketua BPD Aek Batu, awak media mencoba agar bisa melihat rekomendasi APDes yang aslinya, namun Kasi Pemdes tidak bisa memperlihatkannya, “Sudah saya pulangkan ke desa kembali, karena untuk tapal desa,” katanya.

Fotokopinya? “Gak ada pak,” pungkasnya. (Tim)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed