oleh

Alasan Sobat Ambyar Bertahan dari Hubungan Bermasalah

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Hidup bahagia, saling mencintai, dan saling menghormati dalam sebuah ikatan pernikahan atau sekedar pacaran memang idaman semua orang. Namun, tidak semua orang mendapat anugrah tersebut.

Tidak jarang, sebuah pernikahan atau pacaran berjalan timpang, ada dominasi, ada bucin yang gagal move on, hingga potensi tertekan, timpang, dan kebahagiaan sepihak terjadi.

Beberapa orang yang sadar atas kondisi itu biasanya memilih putus, cerai, atau bertahan mempebaiki. Umum juga, mereka terjebak dalam hubungan bermasalah ini, seolah semua akan berakhir baik, dan si dia akan segera sayang, cinta, dan mengubah sifatnya untukmu.

Kenapa sobat ambyar rela dan mau bertahan dalam hubungan timpang dan tidak bahagia ini? Berikut sedikit latar belakang yang terungkap.

Baca juga:  Uang Arisan dan PKK Rp 8,5 Milyar Diduga Dibawa Kabur

Pertama, ada ketakutan di bawah sadar, tentang kesendirian tidak akan laku lagi, tidak akan menemukan pasangan lagi. Ada ketakutan tentang sangsi sosial, omongan orang, omongan keluarga, omongan lingkaran pertemanan mereka tentang keputusan berpisah atau cerai yang dimabil, jika hubungan tidak bahagia itu akan diakhiri.

Ketakutan semacam ini hinggap dalam ketidaksadaran, menjadikan sobat ambyar lebih baik tidak bahagia dalam sebuah hubungan daripada hidup sendiri lagi.

Kedua adalah penyangkalan diri dan kenyataan. Banyak sobat ambyar yang menganggap ini hanya sebuah ujian, fase hidup bahagia akan mereka jelang, ada harapan si dia akan baik. Ada harapan semua akan baik-baik saja nantinya. Menerima kenyataan bahwa kondisi buruk ini adalah kesalahan dia juga, bukan hanya pasangan. Hingga memilih hidup dalam kebahagian semu.

Baca juga:  Makanan Pedas dan Manfaatnya yang Ternyata Baik Bagi Kesehatan

Ada juga yang bertahan karena demi nama baik keluarga, demi masa depan anak, dan demi hubungan sosial.

Ketiga, adanya perasaan tidak percaya diri, tidak mampu memiliki kebebasan sendiri secara finansial dan akses sosial. Jadi gagal menilai dan mengukur kapasitas diri, hingga tidak mampu berpikir dan bertindak mandiri. Akibatnya, seolah-olah hubungan tidak sehat adalah takdir, dan pilihan paling tepat untuk dijalani. [pn034]

Komentar Sahabat Pamarta

Alasan Sobat Ambyar Bertahan dari Hubungan Bermasalah
Alasan Sobat Ambyar Bertahan dari Hubungan Bermasalah
Alasan Sobat Ambyar Bertahan dari Hubungan Bermasalah
Alasan Sobat Ambyar Bertahan dari Hubungan Bermasalah
image_pdfUnduh PDFimage_printCetak

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed